Banjir Orderan Modal Facebook Gratisan

January 28, 2018

8 poin rahasia, hanya modal gratisan dari facebook menghasilkan banyak orderan. Cara lengkap banjir closing-an bermodal FB organik.

Semua orang pasti berkeinginan hidup sejahtera bukan? Tidak hanya itu, bahkan ingin sukses dalam segala hal. Mimpi atau cita-cita itu diusahakan dengan berbagai macam cara agar terwujud.

Demikian juga dalam berbisnis, semua orang ingin menghasilkan banyak order. Cara mewujudkan pun bermacam cara, salah satunya melalui media sosial. facebook misalnya, tujuannya tidak lain melancarkan usaha dan menarik banyak pelanggan.

Nah poin-point penting apa agar banjir order di facebook organik (gratisan)? Yukk.! Pelajari 8 POIN BANJIR ORDERAN MODAL FACEBOOK GRATISAN.

1. KENAPA HARUS PAKAI FACEBOOK?
Setiap orang selalu memerlukan alasan dalam melakukan sesuatu. Semakin kuat alasannya, semakin semangat melakukannya. Termasuk saat berjualan, penghasilan orang yang memiliki alasan kuat untuk berjualan dibandingkan orang yang hanya berjualan karena iseng pasti berbeda.

Media yang digunakan pun berbeda-beda sesuai dengan alasan masing-masing. Ada yang memakai instagram, ada yang senang facebook dan whatsapp, bahkan maniak di marketplace. Semuanya tidak ada yang salah.

Lalu kenapa Anda harus memilih facebook? 3 poin berikut yang dapat Anda pertimbangkan.

Pertama, Murah Namun Efektif
Pernahkah Anda menghitung berapa biaya yang dikeluarkan saat mencetak brosur sebanyak 1 rim?

Atau berapa budget minimal mencetak baliho dan memasangnya di jalanan besar di depan toko Anda? Termasuk biaya pajak reklamenya? Terus berapa orang yang melihat brosur dan spanduk Anda?

Nah dengan facebook, Anda bisa menghemat semua biaya tadi bahkan gratis. Hanya modal kuota internet saja.

Target promosinya pun jelas dan terukur, sebanyak friend yang Anda miliki, seberapa jumlah follower-nya atau sejumlah member

Anda dapat mengatur, mengganti promosi kapanpun sesuai dengan keinginan. Paling penting adalah terbukti efektif. Banyak yang membuktikan penghasilan meningkat setelah menggunakan facebook sebagai media promosi. Kalau mereka saja bisa, Anda pun tentunya sangat BISA.

Kedua, Banyak dan Tertarget
Pengguna facebook di Indonesia, menurut sebuah survey mencapai 111 juta orang. Bukan hanya banyak, tapi BANYAK BANGET.

Seandainya Anda mengambil 1% saja, sekitar 1 jutaan orang yang beli produk Anda kira-kira bagaimana rasanya? Gurih atau renyah?

Selain itu sangat segmented alias tertarget, kita bisa mentargetkan emak-emaksaja, atau abege saja, bahkan sekelas manager sekalipun.

Sesuai dengan istilah, dimana ada keramaian disitu ada potensi penjualan, maka facebook sangat cocok digunakan sebagai media promosi produk Anda.

Ketiga, Mudah juga Berpola
Pemasaran di facebook juga terhitung sangat MUDAH. Semudah update status, like, komen dan share sana-sini.

Meski mudah tetapi Anda tidak boleh sembarangan dalam melakukan promosi terlebih jika menginginkan hasil yang maksimal, harus paham betul polanya, harus tahu mana yang sebaiknya dilakukan mana yang sebaiknya TIDAK dilakukan.

2. 3 CHANNEL PROMOSI DI FACEBOOK
Setelah tahu bahwa menggunakan facebook sangat menghasilkan, channel apa saja di facebook yang dapat Anda gunakan untuk media promosi gratis?

Pertama, Facebook Personal
Facebook personal ini berpotensi menghasilkan jika dioptimalkan dengan baik, karena facebook personal memiliki tingkat interaksi lebih tinggi dari pada channellain.

Setiap kali Anda mengunggah sebuah posting-an , secara otomatis akan muncul di timeline teman-teman Anda.

Anda juga dapat membangun personal branding di channel ini, sebagai apa Anda ingin dikenal oleh teman-teman facebook. Sebaiknya disesuaikan dengan produk yang ingin dipasarkan.

Sayangnya, Anda hanya dapat menambah pertemanan maksimal 5.000 teman saja. Selebihnya akan menjadi follower Anda.

Kedua, Facebook Group
Kelebihannya, facebook group dapat menampung lebih banyak anggota, tidak seperti akun personal yang hanya 5000 teman. Terlebih lagi, anggota lain selain admin dapat juga ikut menambahkan anggota baru.

Anda dapat menggunakan nama apa saja untuk facebook group, entah itu nama brand, tema pembahasan group, nama pribadi, atau gabungan semuanya.

Karena jumlah member yang dapat ditampung sedemikian banyak, Anda dapat memperoleh lebih banyak prospek, dan meraih personal branding lebih di sini.

Bayangkan seperti Anda membuat sebuah komunitas lalu menjadi pemimpin didalamnya. Jika Anda rutin memberikan konten yang bagus, otomatis personal branding Anda akan sangat terbangun dan prospek pun akan lebih percaya pada Anda.

Ketiga, Facebook Page
Facebook page atau fanspage, seringkali digunakan berbagai brand atau seorang public figure terkenal.

Jika di FB personal Anda mengumpulkan pertemanan, facebook group Anda mengumpulkan member, maka fanspage Anda mengumpulkan likers.

Sayangnya channel satu ini tingkat interaksinya sangat rendah bila tidak menggunakan facebook ads, padahal memiliki fitur seperti website toko online.

Bagi pebisnis pemula lebih disarankan menggunakan dan fokus ke FB personal dan group dahulu, setelah keduanya maksimal dapat mencoba menggunakan FB Page dan FB ads.

Dan ingat, setelah interaksi dan sharing jangan langsung jualan. Lebih baik jeda beberapa saat setelah itu baru jualan via japri WhatsApp.

3. MEMBUAT PROFIL YANG MEYAKINKAN
Anda pasti pernah melihat SPG yang didandani agar terlihat cantik dan menarik banyak pelanggan bukan?

Bisnis di facebook pun demikian, akun FB personal Anda perlu dipercantik agar banyak calon pelanggan mendekat.

Apa saja yang pelu dilakukan agar terlihat lebih menarik?

Memasang Foto Profil yang Menarik
Jangan menggunakan foto produk atau foto brand Anda untuk profile picture. Gunakan foto asli Anda, tak perlu terlalu formal cukup yang sopan dan rapi saja, tujuannya calon prospek Anda lebih yakin bahwa akun Anda asli dan bukan hanya jualan.
Menggunakan Foto cover yang Menjual
Foto cover merupakan visual yang cukup besar di akun personal Anda, usahakan semenarik mungkin. Gunakan foto produk, perusahaan atau brand Anda, tanpa mencantumkan harga atau promo.
Memakai Nama Asli
Nama asli, membuat akun Anda mudah dipercaya, karena tanpa ada embel-embel produk. Harus asli karena merupakan aturan dari facebook, jika melanggar akan sulit untuk memulihkan akun Anda.
Menulis Intro yang Mengundang
Intro adalah kalimat singkat yang mendeskripisikan tentang Anda. Tuliskan kalimat alasan kenapa orang harus menambahkan Anda sebagai teman. Seperti: "saya senang berbagi inspirsasi", atau "Saya senang memberikan produk gratis tiap bulan", dll.
Membuat Deskripsi yang Meyakinkan
Deskripsi berisikan detail tentang diri Anda, mulai dari riwayat pendidikan hingga pekerjaan. Cantumkan hanya yang membuat nilai personal branding Anda semakin menanjak.

4. MEMBANGUN PERSONAL BRANDING DI FACEBOOK
Bayangkan seperti ini. Anda melihat ratusan produk hijab berseliweran di dunia online, kenapa yang dibeli merk itu saja?

Begitu banyak pebisnis online yang jualan hijab dengan merk yang sama, tapi kenapa Anda terus membeli ke orang yang itu-itu saja?

Jawabannya adalah personal branding.

Anda akan cenderung membeli produk dengan brand yang pernah Anda coba atau terkenal bagus. Anda pun akan membeli hanya kepada pembeli yang telah Anda kenal sebelumnya atau Anda pernah bertransaksi dengannya. Betul atau betul banget?

Oleh karena itu sangat penting membangun personal branding, tujuannya agar calon pembeli membeli ke Anda bukan yang lain.

Bagaimana dengan personal branding di facebook?

Kegiatan promosi yang paling tepat di facebook adalah membangun personal branding, bukan jualan langsung, karena facebook adalah tempat untuk sharing dan interaksi, bukan untuk selling atau transaksi.

Nah berikut cara membangun personal branding di facebook Anda.

Tentukan Personal Branding-nya
Pertama kali tentukan hendak dikenal sebagai apa Anda, sesuaikan dengan produk yang ingin Anda pasarkan. Misalnya: untuk yang jualan herbal branding-nya adalah ahli pengobatan herbal, bagi konsultan bisnis atau menjual produk edukasi bisnis maka branding-nya adalah ahli bisnis.
Kuasai Ilmu Personal Branding
Setelah mengetahui personal branding yang ingin Anda bentuk, berikutnya pelajari dan dalami ilmunya. Anda dapat memulai dengan membaca buku, browsing atau ikut training.
Mulailah dengan Sharing
Setelah mengetahui ilmunya, mulailah melakukan sharing-sharing, karena dengan sharing akan menjadi sarana interaksi dan otomatis membangun rasa trust atau kepercayaan kepada Anda, juga membentuk personal branding Anda di mata calon prospek.

5. MENAMBAH 3000 PERTEMANAN TERTARGET
”Semakin banyak jumlah prospek yang ditawari, maka semakin banyak juga peluang penjualan terjadi”.

Ketika Anda memberi penawaran kepada 10 orang, maka kemungkinan closing adalah 0 -10 orang. Bagaimana bila 1000 orang? Kemungkinan closing akan lebih besar lagi.

Nah, tidak mungkin Anda berharap mendapat closing ratusan dari jumlah prospek yang hanya puluhan, betul?

Pun di facebook, agar promosi Anda menjangkau lebih banyak orang dan menghasilkan penjualan lebih banyak maka pertemanan Anda pun harus berlipat.

Anda dapat menambahkan hingga 5000 friends di facebook. Pertemanan Anda haruslah yang tertarget. Kenapa harus tertarget?

Karena percuma Anda menawarkan permen kepada orang yang sakit gigi, hehe

Memberikan promosi kepada orang yang salah maka hasilnya akan sia-sia. Anda memberi dengan harga GRATIS pun, mereka mungkin menolaknya. Sebagus apapun copywriting atau secanggih apapun teknik closing Anda buat, karena bukan target maket, maka hasilnya nol.

Nah berikut 3 tips untuk mendapatkan pertemanan tertarget di facebook.

Pertama, Tentukan Target Market Anda

Setiap produk pasti memiliki konsumen spesifik. Tentukan siapa target market Anda, mulai dari umur, jenis kelamin, pekerjaan, hobi dll. Semakin detail, semakin mudah menemukan target market Anda.

Misalnya konsumen herbal, rata-rata orang yang berumur 30 tahunan ke atas, karena anak muda jarang senang mengonsumsi herbal. Konsumen hijab, pasti target market utama adalah wanita muslim, dll.

Kedua, Temukan Dimana Target Market Anda berkumpul

Setelah mengetahui siapa target market Anda, sekarang waktunya mencari dimana mereka berada.

Untuk mencari mereka di facebook, Anda bisa mulai dengan menjawab beberapa pertanyaan ini:

Group facebook apa yang mungkin mereka tergabung didalamnya?
Fanspage apa yang kemungkinan mereka sukai?
Artis atau public figur siapa yang mereka ikuti?
Nah jika sudah terjawab maka kesitulah Anda mencari, yaitu mereka yang menjadi member facebook Group, liker dari fanspage, dan teman atau follower akun personal milik publik figur dari jawaban pertanyaan di atas.

Ketiga, Tambahkan yang Aktif secara Rutin

Dari facebook group, fanspage dan akun personal facebook group di atas, Anda sudah bisa mulai menambahkan calon prospek.

Pilih hanya yang aktif saja, caranya dengan melihat posting-an terakhir, lalu tambahkan yang menyukai atau mengomentari posting-an tersebut, kemungkinan besar akun mereka masih aktif.

Lakukan secara konsisten setiap hari secara bertahap, jangan sekaligus, karena Anda dapat terblokir facebook.

Targetkan dalam 1 bulan mendapatkan 1000 pertemanan tertarget, lakukan sampai 3000, sementara 2000 lagi biarkan bertambah secara alami.

6. PERBANYAK INTERAKSI MEMPERBESAR TRANSAKSI
Setelah memperoleh pertemanan yang banyak jangan langsung jualan, karena yang Anda tambahkan masih cold market.

Cold market adalah orang yang belum mengenal dan berinteraksi dengan Anda sebelumnya.

Sangat tidak efektif jika jualan pada cold market, kemungkinan besar di tolak. Lakukan pendekatan terus dengan memperbanyak interaksi.

Bagaimana caranya?

Pertama, Berikan LOVE

Sekarang tidak hanya like yang Anda berikan ke status teman-teman Anda di facebook, melainkan ada reaksi lain berupa love, haha, sad dan angry.

Nah, daripada memberikan like yang sudah terlalu mainstream, Anda bisa berikan reaksi lain agar akun Anda bisa lebih dilihat oleh target konsumen Anda. Lakukan secara rutin, agar akun Anda semakin terlihat, otomatis semakin dikenal.

Kedua, Sebut Nama

Berilah komentar setiap posting-an dari kawan Anda. Karena kemungkinan banyak yang mengomentari statusnya maka Anda tandai namanya di setiap komentar Anda, ini akan memberikan notifikasi khusus bagi sang pemilik posting-an. Sehingga komentar Anda akan lebih terbaca daripada komentar yang lain.

Ketiga, Jawab Komentar

Jika sebelumnya Anda melakukan interaksi status orang lain, sekarang kita akan membahas interaksi di posting-an kita sendiri.

Setiap ada yang mengomentari posting-an Anda, berikan like pada komentarnya. Jika komentarnya tidak membutuhkan respon yang cepat, tunggu beberapa jam terlebih dahulu.

Setelah sekitar 3 jam, Anda reply dengan menandai namanya agar muncul di notifikasi mereka. Kenapa harus menunggu? Agar posting-an Anda kembali muncul ke atas timeline mereka, yang sebelumnya sudah tergeser oleh posting-an orang lain.

Lakukan ketiga hal di atas secara rutin, maka teman-teman facebook Anda akan berubah dari cold market menjadi warm market. Setelah menjadi warm market, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk melakukan promosi produk di tahap berikutnya.

7. 5 CONTOH STATUS YANG MENGHASILKAN
Kendala utama saat melakukan facebook marketing adalah membuat status yang menarik. Seringkali kita merasa stuck atau bingung ingin membuat status apalagi.

Berikut ini solusinya dalam bentuk 5 contoh status yang menghasilkan.

Pertama, Status Motivasi

Kutipan kata-kata inspirasi tokoh terkenal yang memotivasi dapat dijadikan status, lebih bagus lagi yang sudah bergambar. Anda dapat menambahkan kalimat sendiri untuk mengomentari kutipan kata-kata tersebut.

Status jenis ini akan banyak di-share, jadi selain Anda memberikan kalimat inspiratif bagi kawan-kawan di facebook, secara tidak langsung mereka pun mempromosikan akun Anda.

Kedua, Status Lucu

Jokes, meme lucu, atau anekdot juga tergolong status yang tinggi tingkat peluang untuk di-share. Namun jangan mem-posting jokes bermuatan isu SARA, politik atau pornografi.

Banyak jokes yang lucu dan bermuatan netral bahkan bermuatan moral.

Ketiga, Status Tips-Tips

Sebagai sarana membentuk personal branding, Anda juga bisa memberikan tips-tips yang berkaitan dengan produk atau brand Anda. Misalkan Anda memasarkan herbal, sharing-lah tips kesehatan, dsb.

Selain bermanfaat, Anda juga dapat membangun personal branding di mata pelanggan.

Keempat, Status Giveaway

Ingin produk Anda viral di facebook dengan budget minim? Mudah saja, sediakan 1-2 produk untuk promo giveaway, siapkan foto produk, lalu sertakan dengan posting-an syarat mengikuti promo giveaway.

Anda dapat mensyaratkan like status, komen dengan tag teman-teman, atau shareke akun facebook mereka masing-masing. Dengan begitu akan membuat produk Anda dikenal orang banyak, termasuk akun Anda akan tersebar kemana-mana. Hanya modal 1-2 produk milik Anda bukan?

Jadi giveaway artinya memberikan produk secara gratis dengan syarat tertentu yang biasanya mudah

Keempat, Status Kegiatan Sehari-hari

Kegiatan sehari-hari dapat dijadikan status. Misalnya saat berkumpul dengan keluarga, saat produksi barang, packing atau pengiriman, perjalanan ke tempat tertentu, saat menjalani hobi dan lain lain.

Ini untuk menunjukkan bahwa akun Anda di operasikan oleh manusia, bukan oleh mesin atau admin. Otomatis, juga akan menaikkan tingkat kepercayaan orang lain kepada Anda.

Sekarang Anda tidak ada alasan lagi kehabisan ide untuk bikin status bukan?

8. TEKNIK JUALAN DI FACEBOOK GRATISAN
Tiba saatnya pada poin terakhir di artikel ini, waktunya Anda berjualan di facebook, jeng jeng…

Nah berjualan di facebook tidak boleh hard selling, hasilnya akan negatif, malah bisa jadi akun Anda di-unfriend karena status Anda jualan melulu. Ngga asik!

Bagaimana membuat status jualan tetapi tidak kelihatan berjualan? Yaitu dengan teknik covert selling, sudah pernah dengar?

Covert selling adalah seni berjualan tanpa terlihat seperti jualan. Berikut ini contoh teknik covert selling / story telling di facebook.

“Saya selalu ingat momen-momen bahagia saat idul fitri, terutama saat setiap keluarga beramai-ramai berjalan menuju tanah lapang untuk sholat idul fitri.

Banyak anak-anak juga yang turut serta bersama kedua orang tua mereka. Mereka terlihat sangat ceria terlebih dengan pakaian-pakaian baru yang mereka kenakan.


Tiba-tiba terbersit di pikiran saya, mengenai pakaian yang mereka kenakan. Banyak anak-anak yang bangga menggunakan kaos-kaos kartun dari luar yang rata-rata juga produksi brand luar negeri.


Rasanya akan lebih pas ketika momen seperti ini, mereka mengenakan kaos-kaos yang bernafaskan islami apalagi sudah banyak brand-brand lokal yang memproduksinya.


Alhamdulillah istri saya berfikiran hal yang sama dan mulai menjualkan produk kaos anak xxx. Selain bajunya berwarna ceria dan disertai gambar yang lucu, beberapa juga memiliki kalimat yang Islami, seperti aku rajin sholat atau aku anak sholeh.


Banyak sekali anak-anak yang merasa senang mengenakan baju tersebut mungkin karena gambarnya yang menarik dan bahannya yang ngga bikin gerah. Para orang tua pun terlihat bangga melihat anaknya memakai baju itu.


Lebih penting dari itu semua, semoga anak-anak kita bangga yah akan identitasnya sebagai muslim, setuju? ^_^”


Teknik story selling, sangat ampuh untuk berjualan, karena dengan bercerita dapat menurunkan gelombang otak pembaca hingga ke dalam bawah sadar.


Anda pernah membaca tulisan bikin Anda tertawa, atau ikut senang bahkan sedih? Itu bukti keampuhan bercerita. Bila digunakan untuk berjualan, tanpa sadar mereka akan borong dagangan Anda, hehehe


Yukk mulai konsisten dipraktekkan ^_^, teknik yang lebih powerful berupa 30 Video++ dapat Anda temukan di e-Cource bagaimana cara menghasilkan banjir orderan modal facebook gratisan.

CHAT LANGSUNG dari Smartphone:
(Tunggu beberapa saat)

 Klik di SINI

You Might Also Like

0 komentar

About Me

main facebook buku main facebook

Like us on Facebook

Flickr Images