8 Trik Mempercepat Closing Penjualan
January 28, 2018Trik ini dibagikan secara khusus bagi pebisnis terutama pemula agar proses closing menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Silahkan terapkan semua teknik di bawah ini, dan hasilnya closing menjadi lebih cepat.
Teknik Closing adalah teknik khusus untuk mendorong calon pembeli menjadi pembeli, mendorong terjadinya transaksi. Tapi ingat, sebelum mengeluarkan "jurus closing" Anda harus terlebih dahulu meyakinkan calon pembeli.
Bagaimana cara meyakinkan calon pembeli?
Silakan baca artikel: BAGAIMANA MEYAKINKAN CALO PEMBELI DENGAN KATA-KATA, 7 KUNCI dan 11 CARA PRAKTIS MEYAKINKAN CALON PEMBELI. Atau silakan baca buku Cara Jitu Meyakinkan Calon Pembeli.
Nahh yuk kita pelajari 8 trik di bawah ini.
TRIK 1. LIMITASI
Karakter dasar konsumen atau mungkin manusia pada umumnya, adalah suka menunda. Seringnya nanti-nanti, seringnya entar-entar. Benarkan? Nah trik ini menjadi salah satu solusi untuk mempercepat pembelian oleh konsumen.
Trik ini sederhana, kita tinggal menginformasikan kepada calon pembeli bahwa periode promo terbatas. Misal ketika Anda akan membuat program promosi atau program pre-order, informasikan dengan jelas, kapan promo dimulai dan kapan promo berakhir.
Ketika konsumen sudah kenal dan yakin dengan Anda maupun produk Anda, menginformasikan periode promo ini akan membuat proses closing menjadi lebih cepat.
Jadi Anda perlu menginformasikan ketika berkomunikasi dengan calon pembeli, bahwa periode promo yang berlaku terbatas.
TRIK 2. PRICING
Entah kenapa, yang namanya pembeli baik itu dari kalangan menengah ke bawah atau dari kalangan menengah atas tetap saja lebih menyukai penawaran dengan harga diskon. Ini dapat menjadi cara alternatif yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat closing.
Konsep pricing ini bisa berbagai macam. Anda bisa menerapkan beberapa cara sebagai berikut:
Cashback -> Potongan di akhir
Potongan diskon -> Potongan harga dengan persentase
Voucher -> mirip cashback tetapi diterapkan di awal
Harga Coret -> Info display harga normal diberi coretan sehingga keluar harga disc
Beberapa cara di atas yang teraampuh yang mana ya?
Tidak ada aturan khusus, karena pada dasarnya tergantung dari segmen market dan jenis produk yang dijual. Anda bisa menerapkan teknik ini secara bervariasi pada periode promo yang berbeda.
Jadi jika ada 3 promo, tidak harus memakai promo diskon melulu. Sebaiknya divariasikan mungkin ada yang promo voucher dan yang lain promo cashback.
TRIK 3. MOMENTUM
Cara ini sangat simpel.
Ilustrasi begini, ada dua kelompok pembeli yang sudah diyakinkan dengan kelebihan produk yang Anda tawarkan. Satu kelompok tidak membeli, dan satu kelompok lain membeli produk Anda. Padahal kedua kelompok tersebut sama-sama sudah mengenal dan yakin dengan Anda maupun produk Anda.
Yang membedakan pada kedua kelompok itu adalah kelompok yang pertama Anda menawarkan produk di tanggal tua, kelompok berikutnya di tanggal muda.
Inilah yang disebut trik MOMENTUM. Mungkin banyak yang sudah paham dengan trik ini, tapi seringkali banyak pebisnis pemula tidak menerapkan hal ini. Ingat, baik itu pembeli sudah yakin seyakin-yakinnya, tapi bila tidak ada daya beli karena kantong sedang tipis "pas tanggal tua", tetap saja closing tidak mudah. Iya kan? ^^
Jadi Anda perlu menetapkan periode tanggal promo, terutama manfaatkan tanggal muda untuk mempermudah terjadinya closing.
TRIK 4. SCARCITY
Scarcity adalah kelangkaan. Salah satu cara yang terbukti mempercepat pembelian konsumen.
Biasanya setelah pembeli yakin, tetap saja ada kemungkinan penundaan pembelian. Misalnya nunggu bulan depan, nunggu tanya suami dulu dsb. Nah hal-hal penundaan ini dapat diatasi salah satunya dengan cara menerapkan teknik scarcity.
Cara penerapan praktisnya dapat dilakukan sebagai berikut:
Produk tersedia terbatas, misal hanya 1000 pcs.
Produk diproduksi terbatas, untuk 100 tercepat.
Hanya untuk 50 pembeli yang melakukan DP paling awal.
Dan lain sebagainya
Anda dapat menerapkan berbagai modifikasi cara dengan tujuan untuk mempercepat pembelian oleh calon pembeli.
CATATAN: Pastikan bahwa produk yang Anda jual memang memiliki karakteristik sebagai produk yang spesial dan tidak pasaran agar teknik ini dapat bekerja efektif.
TRIK 5. FEARNESS MOTIVATION
Pernah dengar istilah ini? “Senin harga naik”. Atau sering mendengar “besok harga naik”. Kita sering mendapat promo ini kan?
Banyak dari kita yang mentertawakan cara ini, karena sering dipakai sebagai joke. Tapi tahukah Anda, cara ini masih terbukti ampuh untuk mempercepat terjadinya penjualan.
Intinya, cara ini menginformasikan bahwa harga yang berlaku saat ini tidak berlangsung lama dan akan ada kenaikan harga menjadi harga normal.
Ketika Anda menerapkan cara ini, pastikan tanggal kenaikan ini sudah diketahui oleh para calon pembeli.
TRIK 6. AFTER SALES
Meskipun konsumen telah yakin, namun pada dasarnya masih mempunyai keraguan jika kita tidak dapat menginformasikan bahwa produk kita jual memiliki layanan sales yang baik.
Seringkali yang terjadi adalah kita tidak mempunyai layanan ini. Ujung-ujungnya, meskipun sudah diyakinkan bagaimanapun, tetap saja tidak terjadi closing.
Lalu apa yang harus dilakukan? Misalnya jika Anda adalah menjual layanan jasa pembuatan web, maka Anda perlu info tentang adanya layanan bantuan customer service jika ada keluhan atau pertanyaan.
CATATAN: Anda perlu menginformasikan dengan jelas tentang layanan ini di berbagai media promo yang akan Anda sebar.
TRIK 7. VALUE ADDED
Ada satu hal yang menarik dalam menjalankan bisnis online beberapa tahun belakangan ini.
Ternyata ada karakteristik pembeli yang lebih menyukai membeli produk yang menawarkan value added. Tidak sedikit pembeli hanya mengejar value added-nya dibanding produknya.
Biasanya penerapan praktisnya adalah dengan memberikan bonus. Bonus ini seringkali mempercepat closing calon pembeli. Apalagi kalau bonusnya menarik.
CATATAN: Berikan informasi bonus kepada calon pembeli dengan berbagai cara. Misalnya bonus berupa hadiah atau bonus berupa layanan tambahan.
TRIK 8. GUARANTEE
Salah satu cara mempercepat closing lainnya adalah dengan memberikan garansi. Garansi ini bertujuan penting yaitu menyempurnakan keyakinan calon pembeli.
Bisa jadi, yang menjadi keraguan ketika akan membeli suatu produk adalah tidak adanya garansi. Teknik ini penting terutama untuk produk yang terbilang masih baru dan belum dikenal.
Penerapan praktis dari teknik ini adalah dengan memberikan label garansi pada kemasan promo, media publikasi ataupun perlu diinformasikan ketika promosi.
Langkah sebelum itu pastikan bahwa produk yang kita tawarkan memang berkualitas. Kuncinya ada di kontrol kualitas (quality control), sehingga garansi yang kita tawarkan membantu menyempurnakan keyakinan pembeli dan produk yang sudah dibeli konsumen memang terbukti handal.
CATATAN: Anda perlu menginformasikan dengan jelas tentang garansi yang berlaku untuk produk Anda. Misalnya garansi berlaku berapa lama, yang diberikan garansi untuk komponen produk apa dsb.
BUKU CARA PRAKTIS MEYAKINKAN CALON PEMBELI
Pada buku Cara Jitu Meyakinkan Calon Pembeli, Anda dapat menemukan lebih lengkap tentang 8 TRIK MEMPERCEPAT CLOSING PENJUALAN.
0 komentar